Kadangkala diperlukan penyesuaian di tengah perjalanan sebuah campaign di Google Adwords. Setiap penyesuaian harus memperhitungkan berbagai aspek agar tindakan yang diambil tidak secara signifikan mempengaruhi jalannya campaign. Kali ini saya ingin membahas penyesuaian keyword match dari Phrase Match ke Exact Match, seperti yang baru beberapa hari yang lalu diminta oleh salah satu klien.
Tindakan penyesuaian keyword match ini menimbulkan pertanyaan bagi saya mengenai efek yang terjadi terhadap performa campaign itu sendiri. Kebetulan keyword yang digunakan juga tidak terlalu banyak, hanya 30-an keyword saja. Keyword-keyword tersebut menghasilkan efek berbeda terhadap Cost per Click (CPC) dan Clickthrough Rate (CTR) setelah dilakukan eksekusi beberapa hari yang lalu.
Secara keseluruhan rata-rata keyword akan mengalami peningkatan CPC (ini tidak bagus), dan penurunan CTR (ini juga tidak bagus). Besaran peningkatan CPC di account ini cukup signifikan yaitu sebesar lebih dari 400%, sedangkan CTR mengalami penurunan sebanyak 20%. Kedua parameter itu sangat mempengaruhi performance secara keseluruhan. Besarnya peningkatan CPC tersebut menurunkan jumlah klik harian sampai dengan 80%. Untuk lebih jelasnya dapat menyimak perhitungan di bawah ini:
Dengan mengambil budget sebesar USD 60/day maka akan didapatkan perbedaan yang sangat signifikan terhadap daily click performance.
Perbedaan besar tersebut jelas akan mempengaruhi performace campaign secara keseluruhan. Bila angka-angkanya dituangkan dalam sebuah chart / grafik memang akan terlihat menukik tajam saat Exact Match diimplementasikan.
Namun angka yang mengecil tersebut bisa diprediksikan berasal dari klik yang benar-benar berkualitas. Klik berkualitas yang dimaksud adalah klik yang berasal dari iklan yang ditampilkan saat pengguna internet menggunakan Google Search dan mengetikkan keyword yang sama persis dengan yang terpasang di campaign. Dari sudut pandang lain bisa dikatakan bahwa kesesuaian tersebut berarti pengguna internet tersebut berharap mendapatkan informasi yang diinginkan dengan mengklik iklan tersebut.
Setelah sampai di titik kesesuaian persepsi antara user dan advertiser tersebut, tantangan yang menunggu berikutnya adalah menjadikan klik tersebut sebagai sebuah konversi (aksi menuju pembelian/pemesanan). Tercapainya user di titik tersebut menandakan bahwa advertiser telah berhasil menarik perhatian user untuk melakukan aksi lanjutan. Kelancaran loading dan kejelasan langkah-langkah lanjutan di page destination tersebut menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Pastikan tidak ada kesalahan di sana atau dalam beberapa detik user tersebut akan pergi (menutup page destination tersebut) begitu saja.
Semoga bermanfaat.
No comments:
Post a Comment