Flash Tips & Trik: Menggunakan lebih dari 1 tanda seru (!) di deskripsi 1 dan deskripsi 2 akan menyebabkan iklan adwords Anda disapprove.:: Beberapa kata yang membutuhkan exception dalam pembuatan iklan Adwords adalah suka, resep, kandungan, lihat, seru, skripsi, dokter. :: Untuk mencegah melonjaknya Cost per Click (CPC) dalam Adwords, saat menaikkan atau menurunkan budget harian per campaign sebaiknya tidak lebih dari Rp. 30.000,-/perubahan.

Tuesday, February 12, 2013

Kilas Balik SEM 2012

Tahun 2012 telah berlalu, banyak pengalaman baru yang dapat dijadikan pelajaran dalam menjalankan tugas sebagai Search Engine Optimizer, khususnya dalam menangani campaign-campaign SEM. Total ada 10 klien yang menjalankan program pemasaran online melalui Google Adwords yang menghasilkan klik sebanyak hampir 3jutaan dengan menggunakan dana sebanyak sekitar USD 145ribuan (rata-rata CPC USD 0.05). Bidang industri mereka pun beragam, mulai dari kebutuhan sehari-hari sampai dengan jasa transportasi. Dengan tidak menyebut secara khusus nama klien-klien tersebut kiranya baik adanya apabila saya membagikan pengalaman berkaitan menjalankan SEM pada tahun 2012. Data secara general telah saya kompilasi dan didapatlah beberapa angka-angka statistik yang mudah-mudahan bermanfaat bagi para pembaca.

Hour of Day Analysis
Waktu sehari terbagi menjadi 24 jam, dan selama itulah iklan-iklan secara non-stop ditayangkan baik itu di jaringan Google Display maupun Google Search. Target marketnya adalah Indonesia dengan pengguna yang berbahasa Inggris dan Indonesia. Karena kebanyakan klien menggunakan account bermata uang dollar amerika maka data dari klien yang menggunakan account rupiah dikonversi ke dollar amerika dengan kurs Rp.9500/dollar.

Tahun 2012, data yang tersedia memperlihatkan bahwa klik paling banyak terjadi di jam 10 sampai dengan jam 2 siang (simak gambar diatas). 40% klik yang didapatkan dalam sehari terjadi di antara jam tersebut. Jumlah klik tersebut berbanding lurus dengan biaya yang dikeluarkan. Dan di antara jam sibuk tersebut, jam 12 siang adalah saat dimana jumlah klik yang didapatkan presentasenya lebih rendah dibandingkan dengan cost yang dikeluarkan (CPC-nya mahal).

Days Analysis
Sebaran perolehan klik setiap harinya di tahun 2012 cukup merata dengan puncaknya terjadi di hari Kamis. Puncak perolehan klik tersebut berbanding lurus dengan biaya yang harus dikeluarkan. Dengan penyebarannya yang merata di setiap harinya dalam seminggu menyebabkan CPC stabil berada di angka $0.05.
 

Network Analysis
Secara umum di tahun 2012 perolehan klik dari Search dan Display Network cukup merata. Tekanan cost sedikit terjadi di Search Network sehingga menyebabkan CPC-nya sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan Display Network.


Days by Network Analysis
Rata-rata perolehan klik per harinya cukup merata di antara kedua network. Namun bila dilihat cost-nya, Search Network sedikit lebih mahal dibandingkan dengan Display Network. Dengan menggabungkan kedua data tersebut maka akan didapatkan data Cost per Click di Search Network pada hari Jumat merupakan yang tertinggi di tahun 2012 ($0.05585).



Days by Hour Analysis
Top 10 Klik dan Cost tahun 2012 di setiap harinya terjadi di antara jam 10 pagi sampai 2 siang. Sedangkan Top CTR berada di akhir pekan antara jam 8 pagi sampai dengan jam 2 siang. Bottom 10 klik, cost dan CTR setiap harinya selama tahun 2012 selalu terjadi antara jam 12 malam sampai dengan jam 4 dinihari.



Hour by Network Analysis
Terlihat perbedaan tipis performa Search dan Display Network bila dilihat performa per jamnya. Di jam-jam kerja mulai dari pukul 9 pagi sampai pukul 5 sore, Search Network bekerja lebih efektif dengan menghasilkan klik lebih banyak dengan cost yang lebih rendah.




1 comment:

  1. saluet.....this artikel is very usefull to us




    http://www.RahasiaWebsitePemula.com/?id=baldes


    ReplyDelete